Selasa, 06 November 2012

Install FreeBSD 9.0

Settingan pada VirtualBox untuk installasi menggunakan RAM sebesar 128M. Silahkan anda boleh melebihkan besar RAM sesuai dengan keinginan asalkan tetap pada batas yang wajar. Silahkan download file ISO dari FreeBSD 9 di situs freebsd.org karena saya menggunakan FreeBSD 9 untuk contoh installasi ini.
Langkah pertama seperti biasa anda bisa load ISO image dari FreeBSD 9 atau anda juga bisa menggunakan CD yang sudah anda burning sebelumnya. Kemudian load ISO image atau CD tersebut hingga muncul tampilan sebagai berikut
Load 
Iso Image
Load Iso Image
Biarkan proses tersebut berjalan hingga muncul pilihan seperti pada berikut ini.
booting awal
booting awal
Pada pilihan-pilihan yang ada sementara anda tidak perlu memilih konfigurasi yang lain. Anda cukup langsung menekan tombol enter pada keyboard sehingga dapat berjalan proses selanjutnya.
proses
 booting
proses booting
Setelah proses berjalan kemudian kita akan dihadapkan dengan sambutan dari installer FreeBSD. Kita diminta untuk memilih salah satu dari tiga pilihan, “Install”, “Shell”, “Live CD”. Langsung saja pilih “Install”.
sambutan freebsd
sambutan freebsd
    Setelah itu kita diminta untuk memasukkan hostname dari sistem operasi yang akan kita install. Disini saya memasukkan “freshbee” sebagai nama hostnamenya. Kemudian pilih OK.
isi 
hostname
isi hostname
    Pada kotak dialog selanjutnya kita diminta untuk menginstall komponen yang diperlukan. Pada FreeBSD 9 dikenalkan 4 sistem komponen yang bisa diinstall. Karena saya tidak membutuhkan game untuk sistem operasi ini maka saya centang semua pilihan kecuali game. Kemudian pilih OK kembali.
sistem
 komponen
sistem komponen
    Selanjutnya kita diminta untuk memilih metode dalam partisi harddisk. Terdapat 3 pilihan utama partisi, “Guided”, “Manual” dan “Shell”. Saran saya bagi kita yang masih pemula untuk memilih “Guided” pada metode partisi yang akan digunakan. Untuk partisi “Manual” dan “Shell” akan saya jelaskan di artikel mendatang insya Alloh.
awal 
partisi
awal partisi
    Kemudian masih pada urusan partisi harddisk, karena harddisk yang kita gunakan menggunakan harddisk virtual dan kita tidak membutuhkan installasi sistem operasi lain maka pilih saja “Entire Disk” untuk menggunakan seluruh dari partisi yang ada untuk FreeBSD.
entire
 disk
entire disk
Setelah itu kita diminta untuk mereview ulang hasil pilihan kita. Di tempat saya tertera tiga buah partisi, freebsd-boot, freebsd-ufs, freebsd-swap. Sekali lagi tidak jauh berbeda dengan GNU/Linux. Langsung saja pilih “Finish”. Setelah itu akan muncul konfirmasi maka pilihlah “Commit”.
partition editor
partition editor
commit partition
commit partition
Setelah kita memilih “Commit” kemudian akan muncul proses partisi harddisk.
proses partisi
proses partisi
Setelah proses selesai kita diminta untuk memasukkan username dan password dari root. Seperti biasa dan sama dengan yang ada di GNU/Linux. Silahkan dimasukkan.
root 
password
root password

Selanjutnya kita diminta untuk memilih ethernet card / LAN card yang akan digunakan. Bawaan dari VirtualBox adalah Intel(R) PRO/1000. Silahkan dipilih dan klik “OK”.
pilih 
ethernet card
pilih ethernet card
Kemudian kita juga diminta untuk memasukkan dns name yang akan digunakan. Masukkan sesuai dengan provider internet yang anda gunakan.
input 
dns
input dns

Selanjutnya kita diminta untuk memilih zona waktu. Jika anda tidak faham apa yang dimaksud dengan disini maka cukup dengan memilih “NO”.
clock
clock

Proses selanjutnya memilih negara. Pilih Indonesia dan klik “OK” dan kemudian pilih “Java & Sumatra” untuk zona waktunya.
pilih 
negara
pilih negara
pilih 
daerah
pilih daerah
Dipilihan selanjutnya kita diminta mencentang service apa yang berjalan ketika booting awal dari FreeBSD. Sementara centang semua dan pilih “OK”.
buku
buku

Dialog selanjutnya kita diminta apakah ingin mengaktifkan crash dumps?. Saran saya tidak perlu karena kita menggunakan FreeBSD sementara ini hanya untuk installasi dan bukan untuk develop pada lingkungan FreeBSD. Namun kalau anda ingin mengaktifkan juga tidak mengapa dengan tetap memperhatikan bahwa crash dumps membutuhkan space pada /var.
crash
 dumps
crash dumps

Kemudian kita diminta untuk memasukkan user yang akan menggunakan sistem operasi FreeBSD ini. User disini bukanlah user root tapi user biasa yang akan mengoperasikan. Silahkan dimasukkan sesuai dengan apa yang diminta.
installasi freebsd
installasi freebsd
user
user

Pada posisi ini FreeBSD kita sudah hampir selesai untuk diinstall. Kita diminta untuk mereview ulang pilihan-pilihan sebelumnya sebelum proses akhir installasi. Saran saya langsung pilih “Exit” dan klik “OK”.
review
review

Installasi telah selesai dijalankan kemudian pilih “No” untuk booting ke FreeBSD hasil installasi kita. Dan pilih “Reboot”.
installasi freebsd
installasi freebsd
Beginilah hasil dari installasi FreeBSD kita. Semoga kita bisa mendapatkan manfaat di dalamnya.
akhir 
installasi
akhir installasi

0 komentar:

Posting Komentar